Training of Trainers Sebagai Bekal Peningkatan SDM Penyuluh Swadaya

Semarang – Training of Trainers (TOT) merupakan diklat teknis umum untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap bagi para penyuluh swadaya. Dinas Pertanian Kota Semarang melalui bidang Penyuluhan mengadakan kegiatan TOT Budidaya Anggrek dan Perbanyakan Tanaman Hortikultura untuk meningkatkan keahlian kemampuan dan keterampilan Penyuluh Swadaya yang memadai.

Pembukaan Training of Trainers (TOT) diselenggarakan pada hari Selasa 3 April 2018 BPP Mijen Dinas Pertanian Kota Semarang. TOT berlangsung selama dua hari dengan tujuan meningkatkan SDM Penyuluh Pertanian Swadaya, sebagai media dan ajang bimbingan dalam budidaya anggrek dan perbanyakan tanaman hortikultura serta meningkatkan pendapatan petani dan keluarganya.

Pengajar Training of Trainers berasal dari BPTP Provinsi Jawa Tengah “Ir. Yayuk Aneka Bety MSc.” dengan memberikan teori budidaya anggrek dan dari BPTP Provinsi Jawa Tengah “Ir. Yulianto, SU” dengan teori perbanyakan tanaman hortikultura. Selain teori yang telah disampaikan oleh pengajar, peserta juga di ajarkan secara praktek. Training of Trainers ini diikuti oleh ± 15 orang terdiri dari perwakilan Penyuluh Pertanian Swadaya Kota Semarang.

Diharapkan setelah peserta mengikuti Training of Trainers dapat menumbuhkan kesadaran dalam hal berbudidaya anggrek dan perbanyakan tanaman hortikultura. Selain itu juga dapat menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan tentang budidaya anggrek dan perbanyakan tanaman hortikultura.