Training of Trainers bagi Penyuluh Pertanian Swadaya

kegiatan training of trainers bagi penyuluh pertanian swadaya

Untuk meningkatkan kinerja, pengetahuan, keterampilan & rasa kebersamaan dari penyuluh pertanian swadaya, pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pertanian menyelenggarakan Kegiatan Training of Trainers (TOT) bagi Penyuluh Pertanian Swadaya.

Kegiatan TOT dilaksanakan selama dua hari (13 dan 14 Maret 2018) yang berlokasi di BPP Gunungpati dan di lokasi kelompok ternak Rukun Makmur (Kel. Cepoko – Kec. Gunungpati).

Peserta terdiri dari para penyuluh swadaya sebanyak 15 orang.

Materi kegiatan ini, penyuluh dilatih cara menyuluh yang benar dan dapat menarik masyarakat. Selain itu juga dilatih cara pembuatan pupuk padat dan pupuk cair (bahan  yang digunakan : batang pisang, kencing sapi, kotoran sapi, air cucian beras, air kelapa, kapur dolomit, daun kacang-kacangan, tetes dan EM4 kuning).

Dari kegiatan tersebut, diharapkan agar para penyuluh swadaya dapat lebih mantap lagi dalam menyuluh petani peternak. Dan juga dapat membuat sekaligus mengajarkan kepada masyarakat untuk membuat pupuk organik sendiri karena dengan membuat pupuk sendiri dapat menghemat pengeluaran petani, membantu meningkatkan unsur hara dan kesuburan tanah di Kota Semarang, sehingga tanaman yang di tanam dapat tumbuh subur dan hasilnya dapat lebih meningkat.