Tim Reaksi Cepat

Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Semarang

Dinas Pertanian menindaklanjuti, laporan Ketua Kelompok Tani “TLUMPAK MAKMUR” Kampung Tlumpak, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, bahwa ada sapi yang tidak sehat dan kondisi tidak dapat berdiri. Keadaan sapi tidak sehat sudah beberapa hari, namun baru melapor kepada petugas hari selasa tanggal 26 september 2017.

Selanjutnya Dinas Pertanian melalui Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner ,menugaskan bagian pelayanan publik dan petugas kesehatan hewan untuk segera menuju lokasi kandang, dan segera melakukan tindakan pemeriksaan.

Sesuai diagnosa petugas, sapi tersebut terindikasi BEF atau Bovine Ephemeral Fever ( Demam Tiga Hari). Penyakit ini biasanya ditandai dengan nafsu makan berkurang, lemas, kelumpuhan, lakrimasi/keluar air mata berlebihan, leleran hidung, kekakuan terutama pada sendi-sendi sehingga tidak dapat berdiri (Momtaz et al. 2012).

BEF tergolong jenis penyakit ringan yang umumnya menyerang sapi, penangnan penyakit tersebut dapat dilakukan dengan pemberian obat antibiotik, vitamin dan obat penguat otot yang agar sapi dapat kembali stabil. Serta menyarankan untuk diberikan minuman air gula.