Sapimu Sehat, Sapimu Bunting…..”Atiku Seneng”

Sapimu Sehat, Sapimu Bunting....."Atiku Seneng"Semarang – Jumat, 13 April 2018 tim Dinas Pertanian Kota Semarang bidang Peternakan yang terdiri dari Petugas ATR, Recoder SIWAB, Dokter Hewan dan di damping PPL melakukan pemeriksaan kebuntingan dan penanggulangan gangguan reproduksi ternak di KT. Air Bening Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan.

Lokasi perkandangan kelompok ternak tersebut berdekatan dengan pemukiman. Oleh karena itu perkandangan digunakan sistem komunal. Kandang komunal merupakan kandang bersama yang secara umum disediakan oleh pemerintah setempat bekerja sama dengan instansi terkait, dimana penggunanya adalah semua warga yang mempunyai ternak.

Kelompok ternak air bening mempunyai ternak sapi diantaranya 32 indukan, 2 pejantan dan 11 anak sapi. Hasil dari pemeriksaan kebuntingan di Kelompok ternak ini terdapat 14 indukan sapi yang bunting. Selain bunting terdapat juga beberapa sapi terkena penyakit gangguan reproduksi diantaranya : 3 hipofungsi, 2 repeater breeder, 3 anestrus post partus, 5 endometritis.

Banyaknya ternak sapi yang di pelihara menghasilkan kotoran yang cukup. Kotoran tersebut dimanfaatkan oleh kelompok pengelola ternak untuk pembuatan biogas di 16 titik sekitar kandang. Selain kotoran ternak sapi kelompok pengelola juga menjual susu serta mengolah menjadi yoghurt.