Studi Tiru Dinas Pertanian Kota Semarang di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Studi Tiru Dinas Pertanian Kota Semarang di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul Daerah Istimewa YogyakartaRabu, 15 Januari 2020 Dinas Pertanian Kota Semarang melaksanakan Studi Tiru di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rombongan tersebut yaitu : Drs. HERNOWO BUDI L., SH, M.Si (Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang) dan DWI ARTI H., SH, Mhum. (Sekretaris Dinas Pertanian) serta JULI KURNIAWAN, S.Pt. (Kepala UPTD Kebun Dinas Pertanian).

Studi Tiru tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta beserta jajarannya. Kunjungan dan Studi Tiru membahas tentang Perda Retribusi Kebun Dinas dan Pelayanan Kesehatan Hewan di UPTD Puskeswan Bantul dan Kebun Buah Mangunan.

Studi Tiru Dinas Pertanian Kota Semarang di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kab. Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Hasil Studi Tiru ini adalah bahwa UPTD Puskeswan Bantul telah menghasilkan PAD Rp. 270jt/tahun dan dilindungi oleh payung hukum Perda No.08 tahun 2013 tentang Retribusi Jasa Umum. Sedangkan kebun buah Mangunan yg dikenal sebagai “Negeri Diatas Awan” menghasilkan PAD 2 Miliar dengan rata-rata 2.500.000 pengunjung /tahun dan dilindungi oleh payung hukum Perda No.10 Tahun 2019 tentang Retribusi Jasa Usaha. Diharapkan, “Oleh-oleh ilmu” yang diperoleh dapat diterapkan oleh Dinas Pertanian Kota Semarang dalam menangani Kebun Dinas.