Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Anggrek

Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Anggrek
Pelatihan Anggrek

Semarang – Dinas Pertanian Kota Semarang menggelar pelatihan anggrek sebagai kegiatan optimalisasi pekarangan. Pada hari Selasa, (6/2/2018) di Griya Anggrek Candi Orchid, Jalan Jolotundo No. 16 Semarang.

Pelatihan tersebut diikuti oleh sejumlah 30 (tiga puluh) orang meliputi masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani yang sebelumnya telah mendaftar.

Narasumber Sudibyo Ari P., Eni Asriati dan Nur Aulia S memberikan materi teori budidaya anggrek secara baik dan benar serta penanganan hama tanaman.

Selain belajar secara teori, peserta melakukan praktik buka botol, penanaman sedling, pemindahan bibit anggrek ke media tanam (sabut kelapa). Setelah praktik peserta bisa membawa pulang bibit anggrek yang di praktikkan untuk dirawat dirumah masing-masing.

Ir. Nuky Indri Hastuti, selaku Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Kota Semarang menambahkan tujuan dari kegiatan hari ini adalah untuk menggali potensi-potensi disetiap wilayah di Kota Semarang yang cocok untuk budidaya anggrek.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini, masyarakat akan mampu membudidayakan anggrek dengan memanfaatkan lahan pekarangannya. Dari segi pemasaran, masyarakat pun bisa menjualnya dalam bentuk bibit, juga bisa dalam bentuk dewasa serta berbunga.

Pelatihan diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada para peserta yang diserahkan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kota Semarang, Hestu Nugroho, SH.