Sidak Daging Sapi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Sidak Daging Sapi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 HSemarang – Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Drs. Hernowo Budi Luhur S.H. M.Si. beserta tim Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) daging sapi menjelang hari Raya Idul Fitri 1441 H pada Jumat dini hari (22 Mei 2020).

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan daging yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) di Kota Semarang, mengingat jumlah permintaan daging yang tinggi dari masyarakat untuk persiapan Hari Raya Idul Fitri. Sidak sekaligus untuk memastikan stok daging sapi yang dikirim dari luar Kota Semarang, salah satunya dari Kabupaten Boyolali.

Sidak digelar di Pos Pemeriksaan Daging Dinas Peternakan Kota Semarang yang ada di Jalan Slamet Riyadi dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron, serta beberapa pasar di Kota Semarang yakni Pasar Tradisional Karangayu dan Pasar Johar (relokasi).

Sidak Daging Sapi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H

“Mendekati hari-hari besar konsumsi daging akan meningkat, oleh karena itu Dinas Pertanian Kota Semarang mencoba melihat dan melakukan uji di lapangan, yang pertama dilihat dari sisi kualitas dagingnya seperti apa, stoknya seperti apa, kemudian kenaikan harganya seperti apa. Sehingga diharapkan masyarakat akan mendapatkan produk yang sesuai,” Ujar Kepala Dinas Pertanian Hernowo disela-sela memeriksa daging.

Sidak Daging Sapi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Untuk kualitas, pihak Dinas Pertanian memastikan daging yang akan dikonsumsi benar-benar aman.
Diharapkan masyarakat Kota Semarang yang merayakan Hari Raya Idul Fitri akan mendapatkan jaminan keamanan pangan.

Sidak Daging Sapi Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Pemeriksaan berkala ini juga bertujuan untuk mengantisipasi adanya tindak kecurangan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab saat memperjual belikan daging dengan kualitas yang kurang baik, sehingga diharapkan hanya daging yang benar-benar sehat dan berkualitas baiklah yang dapat diperjual belikan di Kota Semarang.