Peringati Hari Rabies Internasional, DISPERTAN sediakan Vaksinasi Hewan

Peringati Hari Rabies Internasional, DISPERTAN sediakan Vaksinasi HewanPeringati Hari Rabies Internasional, DISPERTAN sediakan Vaksinasi HewanSemarang – Peringati Hari Rabies Nasional, Dinas Pertanian Kota Semarang melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar vaksinasi hewan peliharaan. Pemeriksaan dan vaksinasi gratis di laksanakan di halaman Balaikota Semarang, Minggu 30 September 2018.

Acara berlangsung meriah dengan antusias pengunjung yang membawa hewan kesayangannya untuk diperiksa. Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Rusdiana berharap masyarakat Kota Semarang, semakin sadar akan pentingnya melaksanan vaksinasi rabies pada hewan peliharaan yang menjadi hewan penular rabies (HPR).

“Dengan vaksinasi rabies kita telah memiliki andil dalam pencegahan penyakit menular zoonosis” kata Rusdiana.

Ia menjelaskan, kegiatan itu dipandu Kepala Bidang Peternakan serta seorang dokter hewan, drh yuli. Dengan bantuan beberapa dokter Hewan Dinas Pertanian Kota Semarang, serta mahasiswa Koas Universitas Gadjah Mada.

Peringati Hari Rabies Internasional, DISPERTAN sediakan Vaksinasi Hewan“Pemberian vaksin rabies pada hewan penular rabies (HPR) seperti anjing, kucing, dan sejenisnya sangat penting,” kata drh Yuli. Menurut dia, rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus RNA, termasuk dalam family Rhabdoviridae, genus Lyssa. Namun menurutnya pemberian vaksinasi rabies tidak hanya ketika ada acara saja.

Rabies merupakan penyakit zoonosis. Zoonosis adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya. Virus rabies ditularkan melalui air liur hewan yang terinfeksi rabies dan umumnya masuk ke tubuh melalui infiltrasi air liur yang mengandung virus rabies ke dalam luka.