Temu Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya Budidaya Burung Puyuh

Temu Teknis Penyuluh Pertanian Swadaya Budidaya Burung PuyuhSEMARANG – Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang disediakan oleh pemerintah jumlahnya kurang memadai atau kurang banyak sebab lahan yang ada masih cukup luas. Kurangnya jumlah PPL mengakibatkan kurangnya penyebaran informasi dan bimbingan yang dibutuhkan oleh petani / peternak yang ada, untuk itu pemerintah melalui Dinas Pertanian Kota Semarang membentuk Penyuluh Pertanian Swadaya yang perekrutannya dari petani / peternak yang dirasa pandai dan berpengalaman serta mampu dalam bertani. Penyuluh Pertanian Swadaya tersebut merupakan rekan kerja dari PPL yang tersedia di Dinas Pertanian Kota Semarang
Untuk mendukung kerja Penyuluh Pertanian Swadaya tersebut, pemerintah melalui Dinas Pertanian mengadakan acara temu teknis penyuluh swadaya guna menampung masalah-masalah dan informasi-informasi pertanian/ peternakan untuk dibicarakan dan dibahas lebih lanjut agar apa yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih mengena sehingga masalah-masalah yang timbul dapat terpecahkan.
Temu Teknis Penyuluh Swadaya kali ini membahas dan mengupas tentang Budidaya Burung Puyuh. Burung puyuh dahulunya adalah burung buruan, yang mana akan selalu diburu dan dicari agar bisa diambil dagingnya untuk dimasak. Banyak masyarakat yang sangat suka mengkonsumsi daging dari burung puyuh ini karena memiliki cita rasa tersendiri, manis dan lezat. Selain itu secara ekonomis, berternak burung puyuh memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Sasaran temu teknis penyuluh pertanian swadaya ini yaitu Penyuluh Pertanian Swadaya Kota Semarang. Pelaksanaan Temu Teknis ini bertempat di kediaman Bapak Wiratna, Dukuh Mijen RT. 01 / RW. 01, Kel. Mijen – Kec. Mijen, Kota Semarang.

Materi : 1. Budidaya Burung Puyuh Petelur dan Pedaging (Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Jawa Tengah)
               2. Beternak Burung Puyuh yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal (Bapak Wiratna)

Tujuan dilaksanakannya temu teknis penyuluh pertanian swadaya ini adalah :
1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Penyuluh Pertanian Swadaya dalam berbudidaya burung puyuh.
2. Meningkatkan pendapatan peternak dan keluarganya.
3. Pertukaran informasi pertanian dan peternakan, baik dari pemerintah ke penyuluh swadaya maupun dari penyuluh swadaya ke pemerintah atau dari penyuluh swadaya ke penyuluh swadaya lainnya.

Manfaat temu teknis penyuluh pertanian swadaya ini yaitu :
a. Menumbuhkan jiwa penyuluh kepada para penyuluh pertanian swadaya.
b. Meningkatkan pengalaman dan kemampuan penyuluh swadaya dalam memberikan penyuluhan kepada petani dan masyarakat terutama dalam Budidaya Burung Puyuh.

(Rabu, 26 Juni 2019)