Pengendalian Ulat Bulu di Halaman Kelurahan Pedurungan Kidul

Pengendalian Ulat Bulu di Halaman Kelurahan Pedurungan Kidul

Hama Ulat Bulu Lymantriidae merupakan salah satu jenis hama perusak tanaman, terutama dari jenis tanaman keras. Hama Lymantriidae disebut dengan ulat bulu karena seluruh tubuh jenis ulat ini ditutupi oleh bulu-bulu. Bulu dari famili ulat Lymantriidae merupakan senjata untuk bertahan dari serangan predator. Jika bulu tersentuh kulit akan timbul rasa panas yang sangat menyengat, dan seringkali mengakibatkan bentol-bentol pada kulit, terutama kulit manusia. Ulat dari famili Lymantriidae bersifat polifag, yaitu memiliki banyak inang (ulat dapat berkembangbiak dengan baik pada semua jenis tanaman).

Pengendalian Ulat Bulu Lymantriidae – Ulat Bulu Lymantriidae dapat dikendalikan dengan beberapa cara tergantung dari tingkat serangan terhadap tanaman. Pengendalian dapat dilakukan secara teknis, mekanis maupun kimiawi.

Pada hari Senin, 29 Januari 2018, pukul 11.00 WIB. Penyuluh Pertanian Kecamatan  pedurungan dan tim OPT HortikBun dinas pertanian kota Semarang melakukan pengendalian ulat bulu pada tanaman mangga di halaman kelurahan Pedurungan Kidul, Semarang. Pengendalian yang dilakukan melalui teknis penyemprotan dengan menggunakan obat tanaman Decis.