Pengawasan Pemusnahan Telur Tetas Fertil (Cutting HE) di PT. Sidosari Multifarm Kota Semarang

Pengawasan Pemusnahan Telur Tetas Fertil (Cutting HE) di PT. Sidosari Multifarm Kota SemarangSEMARANG – Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan No 16048/PK.230/F/02/2022 tanggal 16 Februari 2022 tentang Pengaturan dan Pengendalian Produksi DOC Final Stock (FS) Ayam Ras Pedaging Bulan Februari dan Maret 2022, setiap perusahaan pembibit PS wajib melaksanakan pemusnahan telur tetas fertil (Cutting Hatched Egg) umur 19 hari efektif mulai tanggal 23 Februari  sampai 30 Maret 2022 di wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Kebijakan pemerintah ini diambil untuk memacu pertumbuhan sektor perunggasan nasional dalam usaha peningkatan kesejahteraan peternak rakyat.

Tim Pengawas Bibit Ternak (Wasbitnak) dari Dinas Pertanian Kota Semarang  melakukan pengawasan sekaligus sebagai saksi dalam proses Cutting HE fertil umur 19 hari pada unit usaha Hatchery PT. Sidosari Multifarm Kota Semarang. Pengawasan Pemusnahan Telur Tetas Fertil (Cutting HE) di PT. Sidosari Multifarm Kota Semarang

Pelaksanaan Cutting HE tersebut dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari sampai 29 Maret 2022 setiap hari Sabtu dengan turut serta dihadiri oleh Cross Monitoring antar perusahaan pembibit sebagai saksi dan dilakukan dalam enam tahap dengan total pemusnahan telur fertil sebanyak 227.604 butir.  Dengan pelaksanaan kebijakan pengendalian produksi DOC lewat cutting HE fertil ini sebagai upaya menekan produksi ayam ras pedaging sehingga diharapkan harga Live Bird (LB) di peternak tidak jatuh dan tetap stabil.

Oleh : Satriana Maya Ediyati, S.Pt (Wasbitnak)