PENANAMAN SEREMPAK TANAMAN SUKUN DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021

PENANAMAN SEREMPAK TANAMAN SUKUN DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021

SEMARANG – Penanaman serempak tanaman sukun ini merupakan rangkaian kegiatan pengembangan Kawasan Sukun di Kota Semarang dalam rangka diversifikasi pangan alternatif pengganti beras. Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Rowosari , Kecamatan Tembalang sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia ke 41 pada hari Jumat, 29 Oktober 2021.

Pengembangan Kawasan Sukun merupakan kegiatan yang digalakkan Bapak Walikota Semarang, Bapak Dr. Hendrar Prihadi sebagai solusi dari ketergantungan masyarakat akan bahan pangan pokok beras yang dilaksanakan oleh Satker Dinas Pertanian Kota Semarang. Seiring terus meningkatnya alih fungsi lahan yang menggerus lahan sawah, menuntut Pemerintah Kota Semarang mencari solusi agar kebutuhan pangan masyarakat Kota Semarang tetap terpenuhi. Sukun yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi adalah komoditas yang tepat sebagai alternatif pengganti beras. Tak Hanya buah nya yang dapat dikonsumsi, bagian lain dari tanaman sukun seperti daunnya dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes. PENANAMAN SEREMPAK TANAMAN SUKUN DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan sosialisasi mengenai teknis cara berbudi daya tanaman sukun serta timeline rencana untuk lima tahun kedepan di 16 Kecamatan di Kota Semarang serta menentukan wilayah Calon Penerima Calon Lokasi yang dianggap cocok ditanami tanaman sukun. Penamanan serempak tanaman sukun se Kota Semarang ini dihadiri langsung oleh Bapak Walikota Semarang, Bapak Dr. Hendrar Prihadi, Anggota DPRD Kota Semarang, pemangku wilayah setempat serta warga kelurahan Rowosari dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Acara dimeriahkan dengan baszar murah Produk Lokal Binaan Dinas Pertanian Kota Semarang, Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang.

PENANAMAN SEREMPAK TANAMAN SUKUN DI KOTA SEMARANG TAHUN 2021