Pembinaan di Kelompok Tani Sumber Rejeki, Kel. Purwosari, Kec. Mijen dalam rangka Penguatan Kelembagaan Petani Kota Semarang

Pembinaan di Kelompok Tani Sumber Rejeki

Pada tahun 2017 di Kota Semarang terdapat 371 kelompok tani, dengan komoditas unggulan yaitu tanaman pangan (padi dan palawija), hortikultura (tanaman hias, tanaman sayuran, tanaman buah, dan tanaman obat), perkebunan (tebu), dan peternakan (sapi, kambing, domba, itik, ayam, dan puyuh).

Kelompok Tani Sumber Rejeki diketuai oleh Bpk. Yunus Marzuki. Berlokasi di Dukuh Kedungjangan RT 05/RW III, Kelurahan Purwosari – Kecamatan Mijen, Kelompok Tani Sumber Rejeki merupakan kelompok tani unggulan dari Kelas Madya yang telah dibimbing dan diarahkan oleh Juli Kurniawan, S.Pt. selaku PPL Kecamatan Mijen dan Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kota Semarang. Kelompok ini menunjukkan perkembangan dan kinerja yang baik. Upaya-upaya pembinaan telah dilakukan secara efektif dan berkala kepada kelompok ini. Kelompok ini  mampu melaksanakan budidaya dan pengolahan secara baik pula. Kelompok Tani Sumber Rejeki secara aktif terlibat dalam Konsultanik (Komunitas Penyuluh Tani Organik) Kota Semarang, dengan produk-produk yang dihasilkan yaitu pupuk organik cair, pestisida nabati, beras merah organik, dan beras putih organik.

Kabid Penyuluhan bersama PPL dan Kelompok Tani

Prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh kelompok meliputi :  Juara II Lomba Kelompok Tani Padi Sawah Pengguna Pupuk Organik Tingkat Kota Semarang Tahun 2016, Juara I Lomba Kelompok Tani Padi Sawah Pengguna Pupuk Organik Tahun 2017, dan Juara II Lomba Temu Karya Tingkat Jawa Tengah di Soropadan Tahun 2017 dengan judul Pembuatan Pupuk Asam Amino dengan bahan utama:  hama keong mas.Pada tahun 2017 memperoleh Sertifikat Organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LESOS), salah satu organisasi pertama di Indonesia yang khusus memberikan Sertifikat Produk Organik sejak November 2007. LESOS mendapat verikasi dari Otorita Kompeten Pertanian Organik (OKPO) Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2009.

Pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2018 dilaksanakan Pembinaan Kelembagaan Petani pada Kelompok Tani Sumber Rejeki oleh Bidang Penyuluhan dan PPL Kecamatan Mijen di Sekretariat Kelompok. Besar harapan ke depan agar kinerja kelompok semakin meningkat dan kelas kelompok juga meningkat, dari Madya menjadi Utama. Pembenahan administrasi lebih lanjut dan penguatan kelembagaan melalui peningkatan SDM petani menjadi prioritas utama dalam pembinaan di kelompok tani ini. Komoditas unggulan yang diusahakan oleh kelompok meliputi tanaman pangan (padi dan palawija), hortikultura (tanaman sayuran), dan peternakan (sapi dan kambing).