Pelatihan Alat Mesin Pertanian “Rice Transplanter” 2018

Pelatihan Alat Mesin Pertanian "Rice Transplanter" 2018Semarang – Dinas Pertanian Kota Semarang melalui Bidang Prasarana dan sarana mengadakan pelatihan alat mesin pertanian “rice transplanter”. Pelatihan tersebut diadakan selama dua hari 12 – 13 Maret 2018, bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Mijen yang beralamat di jalan Raya RM Hadisoebeno, Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

Tujuan diadakannya kegiatan Pelatihan ini adalah untuk memberikan keterampilan pengoperasian mesin Rice Transplanter untuk Petani dan Penyuluh Pertanian Lapangan. Selain itu juga merupakan solusi mengatasi kelangkaan tenaga kerja dan dalam rangka modernisasi, mekanisasi serta efisiensi produksi tanaman padi.

Pelatihan Alat Mesin Pertanian "Rice Transplanter" 2018Narasumber pelatihan ini adalah Andik Setyawandan Dimas Rahmadi dari PT. Yanmar yang beralamat di Klaten dan Nur Hasan A, S.Pt., dari Dinas Pertanian Kota Semarang. Dengan jumlah peserta 9 orang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dinas Pertanian Kota Semarang dan 16 orang petani penggarap sawah.

Materi yang disampaikan hari pertama adalah seluk beluk alat mesin Rice Transplanter, termasuk juga cara perawatannya. Selain itu dijelaskan tentang teknis pembibitan padi yang baik dan benar. Materi hari kedua Praktek pengoperasian Alat Rice Transplanter oleh peserta pelatihan di sawah yang telah disiapkan.

Pelatihan Alat Mesin Pertanian "Rice Transplanter" 2018Rice transplanter adalah jenis mesin penanam padi untuk menanam bibit padi yang telah disemaikan pada areal khusus (dapok / seeding tray) dengan umur tertentu, pada areal tanah sawah kondisi siap tanam. Mesin dirancang untuk bekerja pada lahan berlumpur (puddle). Oleh karena itu mesin dirancang ringan dan dilengkapi dengan alat pengapung.