Pelatihan Pembuatan Biogas bagi Petani

Semarang – Dinas Pertanian Kota Semarang melalui Bidang Prasarana dan Sarana mengadakan Pelatihan Biogas bagi petani dan peternak khususnya Peternak sapi. Pelatihan di laksanakan selama dua hari (14-15 Maret 2018).

Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan bagi para petani untuk dapat beralih menggunakan Biogas sebagai bahan bakar alternatif yang utamanya digunakan untuk memasak.

Pelatihan direncanakan di tiga Kelompok tani ternak di Kota Semarang. Kelompok tani sasaran pelatihan kali ini adalah Kelompok Tani Tlompak Makmur Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang.

Alokasi peserta pelatihan 25 orang peternak sapi di sekitar Kelurahan Tandang. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak H. Agung Budi Margono, ST, MT selaku wakil ketua DPRD Kota Semarang, dan Bapak Arif Nurmawan dari Yayasan Kanopi Indonesia yang bergerak di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan beramalat di Jl. Karangmloko RT 01 / RW. 17 Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Jogjakarta.

Materi pelatihan hari pertama dijelaskan secara teori bagaimana membuat instalasi biogas beserta perawatannya. Hari kedua dilakukan praktek pembuatan intalasi biogas. Para peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan hingga usai.

Harapan dari pelatihan biogas tersebut, petani dapat mengembangkan sebagai bahan bakar energi alternatif yang relatif mudah dan murah karena bersumber dari buangan (limbah) kotoran hewan ternak.