Pelatihan Hidroponik Tahap II

Pelatihan Hidroponik Tahap II
Pelatihan Hidroponik Tahap II

Semarang – dalam upaya mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan, Dinas Pertanian Kota Semarang mengadakan kegiatan pelatihan hidroponik. Kegiatan berlangsung selama 2 hari 14 – 15 Maret 2018, di ruang rapat Dinas Pertanian Kota Semarang.

Kegiatan ini di hadiri oleh 30 peserta terdiri dari masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani. Narasumber pelatihan tersebut dari pakar hidroponik dan salah satu anggota DPRD Kota Semarang.

Masing-masing peserta mendapatkan materi, di lanjutkan praktik pembibitan di rockwool dan pemindahan bibit yang sudah siap pindah ke media tanam hidroponik. Selain itu peserta juga mendapatkan alokasi bantuan sebagai stimulan berupa satu paket sarana hidroponik. Dengan adanya stimulan tersebut, diharapkan masyarakat dapat memnafaatkan dengan baik dan menambah jenis tanaman yang ditanam secara swadaya.

Ir. Nuky Indri Hastuti selaku Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian Kota Semarang menuturkan tujuan dari kegiatan ini diharapkan peserta bisa menanam secara hidroponik dengan memanfaatkan secara optimal lahan pekarangannya. Dari segi ekonomi, masyarakat dapat menambah kesejahteraan dengan meminimalkan pengeluaran belanja bulanan. Selain itu, sayur yang dihasilkan lebih higienis dan sehat karena di budidayakan secara organik.