Pelatihan Sistem Irigasi & Fertigasi Kapiler

Pelatihan Sistem Irigasi & Fertigasi KapilerSemarang – Dewasa ini dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan pada sektor pertanian dan mewujudkan kecintaan generasi milenial terhadap pertanian khususnya di kota Semarang, Dinas Pertanian Kota Semarang membuka pelatihan pertanian secara umum untuk masyarakat. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Sabtu bertempat di Urban Farming Corner (UFC) Jl. Menteri Supeno Semarang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya wilayah Kota Semarang. Selain itu, UFC  sebagai tempat berkonsultasi terkait permasalahan akan budidaya tanaman, baik dengan konsep tabulampot, hidroponik, polybag, metode pengairan dan berbagai cara lainnya serta wadah bagi para petani untuk mempromosikan hasil pertaniannya. 

Pelatihan Sistem Irigasi & Fertigasi KapilerPelatihan kali ini di mentor langsung oleh Kepala UPTD Dinas Pertanian Kota Semarang, Juli Kurniawan yang menjelaskan informasi terkait sistem irigasi kapiler dan fertigasi. Irigasi kapiler yaitu teknik untuk optimalisasi penggunaan sumber daya air di bidang perkebunan atau pertanian dengan menerapkan konsep kapilaritas (peristiwa naik/turun zat cair pada pembuluh atau pori-pori kecil). Selain itu, dengan sistem fertigasi terkait dengan metode irigasi yang menghemat air dan pupuk dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar melalui jaringan katup. 

Pelatihan Sistem Irigasi & Fertigasi KapilerJuli juga mengungkapkan, meski lahan Semarang mulai sempit, dia berharap anak-anak muda mulai menunjukkan kreativitasnya dalam bidang pertanian. Dengan urban farming, kata Juli, mampu meningkatkan ekonomi di tengah pandemi.