Pelatihan Budidaya Sayuran Tahap I

Pelatihan Budidaya Sayuran Tahap IPada tanggal 6 Maret  2018 Dinas Pertanian Kota Semarang melalui Bidang Hortikultura dan Perkebunan, menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Tanaman Sayuran  Tahap I bertempat di Kelompok Tani Sidorejo Tambangan Mijen Semarang. Peserta terdiri dari masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani yang sebelumnya telah mendaftar.

Pelatihan  dibuka oleh Ir. Nuky Indri Hastuti (Kepala Bidang Hortikultura dan Perkebunan) yang menyampaikan  maksud dan tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani sehingga mampu  menghasilkan tanaman pangan di kebun sendiri dan menambah pendapatan keluarga serta sebagai sarana rekreasi dan relaksasi.

Materi teori disampaikan dengan jelas oleh pakar sayuran dan petugas OPT sehingga para peserta berantusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain materi teori juga di laksanakan praktek pembuatan media tanam, pembibitan, pemindahan bibit ke polybag, penanaman sayuran menggunakan sistem vertikultur.

Peserta mendapatkan satu paket bahan praktek. Peserta diharapkan mampu membuat media tanam yang baik serta dapat membudidayakan tanaman dengan cara vertikultur, secara tradisional dan organik dan pada masa panen dilakukan pada waktu yang tepat sehingga hasil panen memiliki kualitas yang baik.

Pelatihan Budidaya Sayuran Tahap IPeserta juga dapat mengoptimalkan dengan maksimal lahan pekarangan yang terbatas dengan berbudidaya sayuran. Selain itu peserta diharapkan mampu merencanakan bisnis rumah tangga dengan menjual bibit atau sayuran yang sudah di panen yang tepat sesuai dengan kemampuan dan fasilitas yang tersedia.

Secara keseluruhan peserta menilai pelatihan sangat bermanfaat dan sangat mendukung peran wanita khususnya masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani.