Pelatihan Budidaya Sayuran Tahap II

Pelatihan Budidaya Sayuran Tahap IISemarang – Rabu (21/03/18), Dinas Pertanian Kota Semarang melalui Bidang Hortikultura dan Perkebunan, menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Tanaman Sayuran  Tahap II bertempat di Kelompok Tani Sidorejo Tambangan Mijen Semarang. Peserta terdiri dari masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani yang sebelumnya telah mendaftar.

Ir. WP Rusdiana kepala Dinas Pertanian Kota Semarang dalam sambutannya  menyampaikan agar setelah mengikuti Pelatihan budidaya sayuran, para peserta dapat langsung mempraktekkan di rumah masing-masing, sehingga kebutuhan pangan keluarga dapat dipenuhi dari pekarangan sendiri dan lebih sehat karena bersifat organik.

“Bertanam sayuran juga memungkinkan sebagai sumber penghasilan, karena dapat dipanen setiap hari dengan pola siklus tanam. Selain itu juga dapat mengoptimalkan lahan pekarangan yang terbatas dengan cara berbudidaya sayuran di dalam polybag maupun sistem vertikultur sehingga kesejahteraan peserta akan meningkat” jelasnya.

Pelatihan Budidaya Sayuran Tahap IIMateri yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah pembuatan media tanam, pembibitan, pemindahan bibit ke polybag, penanaman sayuran menggunakan sistem vertikultur. Dengan narasumber dari anggota DPRD Kota Semarang, pakar sayuran dan petugas OPT.

Dalam pelatihan ini, peserta tidak saja diberikan materi secara teori tetapi juga melakukan praktek langsung. Setelah praktek para peserta diberi satu paket media untuk menanam sayur di rumah masing-masing.

Peserta sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan tersebut dan mereka menilai pelatihan sangat bermanfaat dan sangat mendukung peran wanita khususnya masyarakat umum, kelompok tani, dan kelompok wanita tani.