Monitoring dan Evaluasi Hasil Litbang Iptek Nuklir di Bidang Pertanian

Monitoring dan Evaluasi Hasil Litbang Iptek Nuklir di Bidang PertanianMonitoring dan Evaluasi Hasil Litbang Iptek Nuklir di Bidang PertanianSemarang – 9 Agustus 2018, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Dinas Pertanian Kota Semarang mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Kegiatan Promosi Hasil Litbang IPTEK Nuklir (PHLIN).

Kegiatan tersebut didasari oleh peningkatan kebutuhan pangan pada komoditas beras. Beras merupakan salahsatu sumber pangan utama bagi masyarakat. Seiring dengan laju pertumbuhan penduduk, kebutuhan beras juga terus meningkat. Untuk itu Dinas Pertanian Kota Semarang terus berupaya mencari alternatif padi varietas unggul yang baru agar dapat meningkatkan produksi di Kota Semarang.

Selain itu, dapat mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan penangkaran dan penyebaran benih padi varietas unggul hasil Litbang BATAN pada bidang pertanian di Kota Semarang dan telah dikembangkan secara luas varietas padi hasil Litbang IPTEK Nuklir BATAN oleh masyarakat.

Kegiatan tersebut disambut meriah dengan kreativitas yang ditunjukan oleh petani dan PPL masing-masing Kecamatan. Mereka menampilkan produk unggulan khas wilayahnya dari obat pertanian hingga komoditas hasil pertanian.

Produk olahan yang di tampilkan merupakan hasil kreasi mereka dari bahan alami yang di dapat dari lingkungan sekitar. Setiap Kecamatan menampilkan produk yang bagus, salah satu yang menarik bisa kita jadikan CONTOH yaitu SEMUAnya menghasilkan produk olahan ORGANIC.

Monitoring dan Evaluasi Hasil Litbang Iptek Nuklir di Bidang Pertanian

Setelah melihat pameran produk yang di tampilkan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjung lapang demplot pengembangan hasil kegiatan PHLIN. Lokasi kunjung lapang berada di Kelompok Tani Sidomakmur Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan dan Kelompok Tani Rejomakmur Kelurahan Mangun Harjo Kecamatan Tugu.

Setelah kunjung lapang dilanjutkan dengan panen/ubinan bersama di lokasi demplot PHLIN Kelompok Tani Sidomakmur Kelurahan Mangkang Kulon.