Mengenal Alam dan Lingkungan Melalui Outbound

Mengenal Alam dan Lingkungan Melalui Outbound
Kegiatan outbound PAUD dan TK Islam Diponogoro di Kebun Buah Cepoko Dinas Pertanian Kota Semarang

ADA yang menarik ketika melihat aktivitas para pelajar cilik dari sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan PAUD Islam Diponogoro belum lama ini (21/2/2018), saat mereka mengikuti kegiatan outbound di Kebun Buah Cepoko Dinas Pertanian Kota Semarang Jalan Cepoko Raya, Gunungpati. Aura kegembiraan terpancar di wajah para siswa PAUD dan TK kelompok A, B bersama guru pembimbing serta dipandu instruktur saat memulai kegiatan outbound di alam terbuka yang alami dan penuh kesejukan.

Kegiatan dilaksanakan dengan tema, ‘ Aku Bisa, Aku Ceria, Aku Mandiri ’. Pada  outbound ini para siswa mengikuti rangkaian kegiatan diantaranya jalan-jalan di kebun, mereka juga diajarkan cara memanen jambu kristal, cara menanam sayur sendiri serta dikenalkan dengan beberapa tanaman. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dasar, pengembangan karakter, kemampuan kinestetik, kerja sama pada diri anak-anak dan wawasan anak-anak agar menyatu dengan alam sekitar sehingga mereka dapat belajar secara langsung.

Melalui outbound ini dapat menstimulasi anak-anak untuk menjaga lingkungan, menjadikan anak gembira dan tidak putus asa dengan tantangan alam. Ke depannya diperlukan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan orangtua untuk menggali potensi anak sesuai dengan perkembangannya dan dikaitkan dengan lingkungan sekitar sehingga diharapkan akan terbentuk karakter yang tangguh, mencintai lingkungan dan sesuai dengan tumbuh kembang anak. Sepanjang kegiatan para siswa dan guru sangat menikmati kegiatan outbound yang dilaksanakan.