Mengembangkan Ilmu yang Dimiliki dengan Berbagi Ilmu yang Dimiliki

Mengembangkan Ilmu yang Dimiliki dengan Berbagi Ilmu yang DimilikiMengembangkan Ilmu yang Dimiliki dengan Berbagi Ilmu yang DimilikiKota Semarang merupakan Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah. Banyak yang mengira Kota Semarang sudah tidak memiliki potensi di bidang pertanian terutama sawah. Padahal luas sawah di Kota Semarang ada lebih dari 2.000 Ha yang tersebar di 9 Kecamatan potensi dari 16 Kecamatan yang ada di Kota Semarang. Jumlah Petugas Penyuluh Pertanian di Kota Semarang harus mengampu 16 Kecamatan. Bahkan ada 2 Kecamatan yang harus diampu oleh 1 orang petugas penyuluh pertanian karena kekurangan petugas. Dengan adanya petugas baru diharapkan mampu membantu dalam melakukan tugas sebagai penyuluh.

Untuk itu, berbagai pembekalan diberikan untuk penyuluh, antara lain kebijakan-kebijakan dari masing-masing bidang yang ada di Dinas Pertanian Kota Semarang, berkunjung ke Kelompoktani perkotaan yang mendapatkan bantuan Pertanian Perkotaan dari Dinas Pertanian Kota Semarang. Setelah itu, mereka mulai bergabung di Kelompok Jabatan Fungsional.

Koordinator Fungsional Kota Semarang memberikan intruksi kepada mereka untuk menimba ilmu selama 1 minggu di BPP Mijen untuk diberi pembekalan tentang PRA dan ilmu pertanian yang berkaitan dengan Pertanian Perkotaan.

Kegiatan orientasi di BPP Mijen dimulai Senin, 14 Januari 2019 sampai Jumat, 18 Januari 2019. Adapun materi kegiatan yang diberikan :

Mengembangkan Ilmu yang Dimiliki dengan Berbagi Ilmu yang DimilikiHari I   -Tupoksi Penyuluh Pertanian

-Participatory Rural Appraisal (PRA)

Hari II    Hidroponik

Hari III   Budidaya Jamur Trichoderma dan Glio cladium

Hari IV -Pestisida Nabati

-Kartu Tani dan RDKK

Hari V    Perawatan Tanaman di Kebun BPP Mijen

Saat penyampaian materi, mereka sangat antusias. Setiap materi dilanjutkan dengan praktek, agar mereka semakin memahami materi yang disampaikan. Semoga ilmu yang disampikan kepada rekan-rekan penyuluh pertanian bermanfaat sebagai bekal saat mulai bertugas ke wilayah binaan. Sehingga menjadikan pertanian Kota Semarang semakin Hebat. (ikd)