Lomba Pertanian Perkotaan 2019

Lomba Pertanian Perkotaan 2019Lomba Pertanian Perkotaan 2019Semarang – Bertepatan pada tanggal 16 September – 27 September 2019 Dinas Pertanian Kota Semarang telah menyelenggarakan lomba Pertanian Perkotaan yang diikuti oleh Seluruh Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani se Kota Semarang. Pertanian Perkotaan yang juga merupakan program idola Kota Semarang yang memiliki konsep untuk memanfaatkan lahan secara maksimal menjadi lahan pertanian produktif hijau yang dilakukan oleh masyarakat dan komunitas sehingga dapat memberikan manfaat bagi mereka.
Latar belakang program ini yaitu akses makanan segar dan bergizi untuk masyarakat kurang mampu tanpa melalui pasar dan meningkatkan pendapatan mereka, khususnya perempuan, memasok pasar di kota, pengolahan makanan, serta menyediakan tambahan pekerjaan dan pendapatan. Tujuan dari program ini yaitu :
Lomba Pertanian Perkotaan 20191. Mendorong peran serta masyarakat perkotaan
2. Meningkatkan kenyamanan hidup dan nilai estetika di wilayah perkotaan
3. Optimalisasi pemanfaatan lahan pertumbuhan ekonomi dan untuk menjamin kelestarian sumber daya alam/lingkungan hidup
4. Menjadikan Kota Semarang sebagai tujuan wisata yang menunjang peningkatan pendapatan/ kesejahteraan masyarakat.

Setiap perwakilan kelompok mengikuti lomba dengan antuias dengan menata dan menghias kebun pekarangan sedemikian menariknya. Dukungan juga diberikan oleh Ketua Penggerak PKK Kota Semarang sekaligus Istri Walikota Semarang yakni ibu Krisseptiana S.H, M.M yang juga berkesempatan untuk hadir di Kelompok Tani Dahlia Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik.
Lomba Pertanian Perkotaan 2019Beberapa inovasi yang ada seperti penerapan hidroponik, aquapinik, hidroganik, vertikultur, pembuatan pupuk dan pestisida dari agen hayati. Lomba ini sangat penting untuk menumbuhkan motivasi tiap kelompok Pertanian Perkotaan untuk meningkatkan produksi, inovasi, pengolahan produk serta kepengurusan organisasi. Dengan majunya Pertanian Perkotaan di Kota Semarang diharapkan dapat meningkatkan Produk Unggulan Daerah dan mensejahterakan masyarakat. (int)