Lomba Gapoktan Tingkat Kota Semarang di Gapoktan Curug Jaya

Dalam rangka persiapan HUT Kota Semarang ke-471, Dinas Pertanian Kota Semarang menyelenggarakan Lomba Gapktan PUAP sekaligus sebagai ajang pembinaan. Gapoktan Curug Jaya, Kelurahan Sadeng, Kecamatan Gunungpati, menjadi salah satu gapoktan yang dinilai pada Lomba Gapoktan ini. Gapoktan Curug Jaya ialah salah satu penerima Bantuan PUAP tahun 2012.

Gapoktan Curug Jaya terdiri dari 3 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Curug Jaya, Kelompok Tani Usaha Mandiri, dan Kelompok Tani Bibit Kawit. Total jumlah anggota gapoktan ialah 73 orang. Terdiri dari petani penggarap komoditas pangan, hortikultura, perkebunan, dan ternak kambing.

Gapoktan Curug Jaya merupakan organisasi mandiri yang mengelola usaha pertanian yang memiliki Unit Usaha Keungan berupa Koperasi Gapoktan Curug Jaya, yang berbadan hukum, Nomor :  032/180.08/BH/XIV.34/IV/2016. Sedangkan kelompok dari gapoktan tersebut, yang sudah berbadan hukum yaitu Kelompok Tani Curug Jaya, melalui SK Kemenkumham RI No. AHU-0062875.AH.01.107 tahun 2016.

Kondisi sosial petani anggota gapoktan sangat beragam, mayoritas merupakan petani berpenghasilan rencah dan berstatus penggarap lahan milik orang lain.

Koperasi Gapoktan Curug Jaya berperan aktif dalam permodalan bagi petani, agar petani mampu mengembangkan usaha pertaniannya. Besaran modal yang dipinjamkan kepada petani ditetapkan berdasarkan kebutuhan dan Rencana Usaha Anggota atau Rencana Usaha Kelompok.

Rapat Komite Pengurus juga dilakukan secara berkala, untuk melakukan analisis kelayakan usaha, sesuai kemampuan para anggotanya, ditinjau dari sisi penghasilan, nilai produk, dan kesesuaian dengan RUA, RUK, dan RUB.