Kegiatan Pembuatan Agensia Hayati – Trichodherma

Kegiatan Pembuatan Agensia Hayati - TrichodhermaSemarang – Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi, meningkatnya populasi manusia, serta kebutuhan hidup yang tinggi terhadap komoditas pertanian, menjadi tuntutan agar sektor pertanian menghasilkan produksi yang optimal. Dalam menghasilkan produk yang optimal tidak jauh dari kata perawatan saat budidaya. Dewasa ini untuk mengendalikan hama penyakit pada tanaman yang dibudidayakan, tidak jarang petani menggunakan pestisida kimiawi untuk membasmi organisme pengganggu. Disadari bahwa pemakaian pestisida, khususnya pestisida sintetis (kimiawi) ibarat pisau bermata dua. Selain memiliki manfaat yang besar, tak bisa dipungkiri, bahaya pestisida semakin nyata dirasakan masyarakat petani. Terlebih akibat penggunaan pestisida yang tidak bijaksana akan mempengaruhi syarat mutu produk yang dihasilkan.

Kegiatan Pembuatan Agensia Hayati - TrichodhermaOleh karena hal tersebut diatas, Tim Dinas Pertanian Kota Semarang Bidang Tanaman Pangan dengan komunitas petani organik Kota Semarang melakukan pembuatan demplot pos Agensia Hayati (PPAH) di rumah organik Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen.

Pembuatan demplot pos Agensia Hayati kali ini adalah trichodherma dengan bahan jagung cacah 10 Kg yang dimasukkan kedalam plastik kemuadian dikukus, langkah selanjutnya pendinginan dan penambahan isolat (tricho dan buveris) sebanyak 15 ml. Setelah bahan tercampur aduk hingga homogen dan biarkan selama satu minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kegiatan Pembuatan Agensia Hayati - TrichodhermaTrichodherma adalah salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida. Jamur ini merupakan penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman lapangan. Trichoderma, sp. disamping sebagai organisme pengurai, dapat pula berfungsi sebagai agen hayati dan stimulator pertumbuhan tanaman. Trichoderma, sp. dapat menghambat pertumbuhan serta penyebaran racun jamur penyebab penyakit bagi tanaman seperti cendawan Ganoderma, Rigidiporus lignosus, Fusarium oxysporum, Rizoctonia solani, Fusarium monilifome, Sclerotium rolfsii dan cendawan Sclerotium rilfisil. 

Kegiatan Pembuatan Agensia Hayati - TrichodhermaPenggunaan pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma, sp. memang tidak memperlihatkan dampak manfaatnya secara langsung seperti pestisida kimia. Namun dengan penggunaan rutin secara berkala pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma, sp. akan memberikan manfaat yang lebih baik daripada pestisida kimia.