Warga Jatirejo Dapat Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos

Semarang – PPL BPP Kecamatan Gunungpati “Ana Widaningrum, SP., dan Bambang Sudarmono., BSc” menjadi narasumber dalam kegiatan pemberdayaan perempuan di Kelurahan Jatirejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Kegiatan tersebut meliputi transfer teknologi pembuatan kompos. Kegiatan ini digelar dalam rangka pemanfaatan potensi sumber daya lokal berupa sisa sampah organik dan limbah pertanian maupun limbah peternakan.

Kegiatan yang berlangsung pada 18 Juli 2018 silam ini dibuka oleh Lurah Jatirejo dan dihadiri warga Kelurahan Jatirejo.

Ana selaku narasumber mengatakan, pemilihan pelatihan pembuatan popok kompos karena dinilai yang paling mudah untuk diterapkan masyarakat.

“Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pemberian materi dan praktek atau demonstrasi pembuatan kompos dengan memanfaatkan limbah pertanian, limbah rumah tangga seperti dedaunan, bonggol pisang, jerami, kotoran kambing / sapi, tuturnya”.

Ana juga menjelaskan pupuk kompos yang terbuat dari limbah pertanian, limbah rumahtangga mudah diperoleh masyarakat Jatirejo di lingkungan rumah tinggal masing-masing.

Dengan Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos, diharapkan masyarakat dapat mengolah limbah yang terdapat dalam lingkungan rumah tinggal masing-masing.

Hasil dari pupuk kompos dapat digunakan sendiri oleh masyarakat, atau dapat dijual yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.