PLS SMP IT Harapan Bunda di Kebun Purwosari DISPERTAN

PLS SMP IT Harapan Bunda di Kebun Purwosari DISPERTANPLS SMP IT Harapan Bunda di Kebun Purwosari DISPERTANSemarang – Guru SMP IT Harapan Bunda mengadakan pelajaran di luar sekolah (PLS). Mereka ajak siswa belajar di Kebun Purwosari Dinas Pertanian Kota Semarang. Siswapun bersorak-sorai gembira dengan adanya pengenalan materi dan belajar langsung tentang tamanan buah durian, buah lengkeng, tanaman hidroponik. Entah karena memang kebanyakan mereka gemar belajar tentang alam atau karena rasa jenuh belajar di dalam kelas. Yang pasti dengan mengajak belajar di alam terbuka, apalagi mempelajari tentang alam sekitar, mereka terlihat semakin bersemangat dalam belajar, Selasa, 30 Oktober 2018.

Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.

PLS SMP IT Harapan Bunda di Kebun Purwosari DISPERTANBerkaitan dengan hal tersebut, maka belajar di alam terbuka (bukan di dalam kelas) merupakan alternatif untuk memberikan input berupa pengalaman atau mempraktekkan langsung suatu indikator dalam pembelajaran. Belajar di alam bertujuan untuk mendekatkan permasalahan yang dihadapi dengan kenyataan atau fakta yang sebenarnya. Dengan demikian setiap peserta didik diharapkan dapat lebih ekspresif dalam menuangkan hasrat dan ide-idenya ketika berada dalam proses pembelajaran dan juga terbentuk sikap mandiri serta tangguh (survival child) dalam menghadapi segala tantangan ke depan.

Manfaat yang diperoleh dari belajar di alam diantaranya:

Pertama, memberikan keleluasaan bagi para guru untuk mengembangkan bentuk materi dan strategi penyampainnya dalam setiap kesempatan guna menghindari kebosanan (boredem) pada diri siswa.

Kedua, memberikan nuansa alami sesuai dengan potensi siswa (student’s potential) untuk menemukan konsep-konsep yang akan mereka peroleh melalui proses pembelajaran.

PLS SMP IT Harapan Bunda di Kebun Purwosari DISPERTANKetiga, memberikan kesempatan bagi para siswa untuk memupuk sikap saling menghargai dan memahami dalam merealisasikan akhlakul karimah serta bersosialisasi terhadap sesama.

Keempat, mewujudkan ketrampilan hidup (life skill) yang dialami dalam setiap proses pembelajaran, dengan memberikan kesempatan untuk melakukannya langsung.

Banyak sekali manfaat mengajak siswa belajar di alam terbuka. Meraka akan merasa nyaman dan tentu saja akan sangat “me-refresh” kepenatan siswa dalam belajar.