Gerakan Menanam Cabai

Gerakan Menanam CabaiDinas Pertanian Kota Semarang bidang Hortikultura dan Perkebunan melalui program urban farming mendorong masyarakat mengoptimalkan keterbatasan lahan dengan menanam beragam tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk tanam cabai. Kegiatan ini dilaksanakan dengan PKK kota dan Ibu Wakil Walikota Semarang tanggal 5 Februari 2017.

Bercocok tanam di lahan sempit merupakan salah satu bentuk syukur. Lingkungan Kelurahan Gemah Kecamatan Pedurungan menjadi salah satu wilayah di Semarang yang digerakkan untuk tanam cabai dan diharapkan menghasilkan cabai dari urban farming. Selain Kelurahan Gemah Kecamatan Pedurungan, wilayah lainnya yang juga berhasil menjadikan kampung cabai inovatif ada 35 Kabupaten / Kota Se-Jateng. Menanam cabai di pekarangan rumah ataupun lahan kosong di lingkungan, punya banyak manfaat. Selain manfaat ekonomis, aktivitas menanam dan merawat tanaman juga menyehatkan karena dibarengi dengan menyiram tanaman di pagi hari, ibarat “berolahraga”. Bila terjadi harga cabai mahal seperti beberapa waktu lalu, itu dapat ditanggulangi dengan adanya penanaman cabai di lingkungan rumah.

Gerakan Menanam CabaiTanaman cabai selain rasa pedas yang banyak di gemari masyarakat, juga mengandung berbagai zat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Kandungan kimia cabai merupakan bagian penting dalam obat-obatan, pewarna makanan, dan kosmetika. Penggunaan cabai tidak hanya sebagai bumbu masakan melainkan sebagai penggugah selera makan dan banyak digunakan untuk terapi kesehatan. Khasiat sebagai penggugah makan dirangsang oleh minyak atsiri yang ditimbulkan pada saat mengunyah cabai atau menghirup aroma cabai. Senyawa capsaicin yang terkandung pada cabai merangsang keluarnya air liur di mulut dan merangsang kerja lambung, sehingga pencernaan makanan menjadi lancar. Pada bidang kesehatan, cabai dapat membantu menyembuhkan kejang otot, rematik, sakit tenggorokan dan alergi. Cabai juga merupakan tanaman yang memiliki komponen antioksidan yang tinggi, seperti asam askorbat, total fenol, dan pigmen karotenoid. Kandungan lain pada cabai yaitu protein dan vitamin yang berguna bagi tubuh.