DISPERTAN gelar panen Jagung Varietas “Si Doel”

Panen jagung Si Doel – DISPERTAN

Semarang – Dinas Pertanian Kota Semarang menggelar ubinan dan panen raya jagung “Si Doel” pada Senin (6/2/2018), di lahan tegalan milik Muchrom Kelompok Tani Sido Subur 1 di Dukuh Sapen Kelurahan Wonoplumbon Kecamatan Mijen Kota Semarang.

Menurut Muchrom, jagung yang di tanam seluas 6000 m2 dengan pupuk berimbang merupakan varietas lokal. “Sebelum pemanenan dilakukan ubinan oleh PPL Mijen bersama Babinsa Koramil 08 Mijen dengan ukuran petak ubinan 2,5 meter x 2,5 meter (BPS). Hasil ubinan dihitung menghasilkan jumlah tanaman 45 batang, jumlah jagung 46 tongkol, di timbang 11.86 Kg (dengan tongkol) dan konversi ke pipilan kering 10,76 Ton/Ha,” jelasnya.

Panen raya ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang Ir. WP. Rusdiana, MP., Kabid tanaman pangan Dinas Pertanian Kota Semarang, Kabid prasarana dan sarana Dinas Pertanian Kota Semarang, Kasie agroindustri tanaman pangan; Kasie produksi tanaman pangan, Koordinator KJF, staf  bidang tanaman pangan, Danramil 08 Mijen, Wakil Danramil 08 Mijen, 4 pengurus Kelompok Tani Sido Subur 01 Kelurahan Wonoplumbon, 15 Babinsa Koramil 08 Mijen, 4 Penyuluh Pertanian Lapangan Mijen dan 1 POPT.

“Jagung Si Doel yang dipanen merupakan persilangan lokal Si Doel (asli dari Kelurahan Wonoplumbon dan dinamakan Si Doel karena petani pertama yang menanam varietas ini bernama Pak Doel) dengan hibrida pacifif ”, Pungkas Muchrom.