DISPERTAN : Panen Padi bersama Walikota & BATAN di KT Ayem Tenang

DISPERTAN : Panen Padi bersama Walikota & BATAN di KT Ayem TenangDISPERTAN : Panen Padi bersama Walikota & BATAN di KT Ayem TenangSemarang – Dinas Pertanian menggelar panen perdana varietas Bestari bersama Walikota dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) di KT. Ayem Tenang Kelurahan Tambangan Kecamatan Mijen Semarang.

Acara panen padi dalam rangka monitoring dan evaluasi kegiatan Promosi Hasil Litbang Iptek Nuklir (PHLIN) Bidang Pertanian ini dihadiri oleh Walikota Semarang, wakil Wali Kota Semarang, Deputi Bidang Pendayagunaan Teknologi Nuklir (PTN) BATAN, Hendig Winarno serta Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, W.P. Rusdiana.

Dalam kesempatan ini walikota Semarang Hendrar Prihadi menjelaskan Badan Tenaga Nuklir Nasional yang identik dengan bahan bom atau nuklir kali ini bisa dimanfaatkan dengan perawatan padi yang menjadikan kualitas lebih baik dan unggul dari hama padi.

DISPERTAN : Panen Padi bersama Walikota & BATAN di KT Ayem TenangPanen padi bersama di KT Ayem Tenang meski baru pertama kali, namun padi yang dikelola di lahan seluas 3 hektar dengan varietas bestari tersebut bisa mencapai jumlah yang cukup besar yaitu 9.6 ton per hektar yang sebelumnya hanya 6 ton per hektar.

Meski demikian, menurut perwakilan dari kelompok tani Ayem Tenang tersebut ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan, antara lain dengan masa tanam yang sama tetapi waktu panennya berbeda. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh pengaruh lampu jalan. Selain itu juga ada kendala penyakit yang sudah dilakukan antisipasi dengan penyemprotan menggunakan pestisida.