Tanam Padi Lebih Mudah dengan Mesin Rice Transplanter

Tanam Padi Lebih Mudah dengan Mesin Rice TransplanterSemarang – Pagi ini Pak Kadis beserta dulur @dispertan_smg terjun langsung ke sawah untuk melakukan penanaman padi diawali dengan prosesi wiwitan.
Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, termasuk upacara adat.  Di  daratan Pulau Jawa, masyarakat tani selalu  mempersebahkan wiwitan jelang masa tanam dan panen tiba. Tradisi leluhur turun temurun ini, biasa digelar sebagai rasa syukur atas Anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Meskipun ditengah pandemi dan harus menerapkan sosial distancing. Tidak mengurangi semangat dan keceriaan Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang & dulur @dispertan_smg . Penanaman padi kali ini menggunakan organik dengan varietas unggul Baroma. Dalam penamanan padi memanfaatkan teknologi alat dan mesin pertanian untuk mempercpat proses penanaman yaitu menggunakan mesin tanam Rice Transplanter dengan sistem tanam Jarwo.  

Tanam Padi Lebih Mudah dengan Mesin Rice TransplanterMesin tanam padi otomatis atau rice transplanter menjadi alternatif teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasi tertundanya waktu tanam serempak karena hanya mengandalkan tenaga kerja manusia dalam proses penanamannya. Rice transplanter merupakan alat penanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang dapat diseragamkan.

Dengan adanya perkembangan teknologi di bidang pertanian yang menciptakan berbagai varietas unggul dan alat pertanian maka semakin mempermudah para petani untuk menggarap sawah dengan harapan efisiensi waktu, meningkatkan produktifitas serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para petani.