Demplot Sayuran dan Toga Organik di BPP Gunungpati

Demplot Sayuran dan Toga Organik di BPP Gunungpati

Pada hari Selasa, 30 Januari 2018, pukul 13.00 WIB Penyuluh BBP Gunungpati – Dinas Pertanian Kota Semarang melakukan kegiatan Demplot sayuran dan toga organik di BPP Gunungpati. Demplot dilakukan dalam green house dengan luasan 24 m x 3 m. Komoditas Demplot ini untuk sayuran yaitu terung, cabai, tomat, loncang, seledri, dan sawi, sedangkan komoditas toga yaitu kencur, kunyit, jahe, temulawak, lidahbuaya dll.

Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Demplot Sayuran dan Toga Organik di BPP GunungpatiKegiatan demplot kali ini di laksanakan untuk memberikan contoh secara nyata tentang proses budidaya sayuran dan toga organik dari hulu hingga hilir / pembibitan hingga panen sehingga petani / masyarakat selain bisa melihat, membuktikan dan mau mengikuti budidaya sayuran dan toga secara organik. Menanam sayuran dan toga organik selain memberikan efek kesehatan jika di konsumsi, juga bisa melestarikan lingkungan sekitar.