Biogas : Salah Satu Energi Alternatif

 

Biogas : Salah Satu Energi AlternatifSemarang – Dinas Pertanian Kota Semarang melalui Bidang Prasarana dan Sarana mengadakan Pelatihan Energi Alternatif Biogas. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 2 hari tanggal 18 – 19 April 2018 yang bertempat di Kelompok Tani ternak Sidodadi Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Pelatihan bertujuan untuk memberikan wawasan pada petani ternak sapi khususnya, untuk dapat memanfaatkan limbah kotoran ternak sebagai bahan utama biogas. Biogas adalah suatu gas yang dihasilkan dari proses anaerobik (fermentasi) bahan bahan organik seperti limbah rumah tangga, atau kotoran hewan. Bahan yang sangat dibutuhkan dalam membuat biogas yaitu metana dan karbon dioksida yang terkandung di dalam bahan organik. Biogas dewasa ini banyak digunakan sebagai energi alternatif pengganti gas LPG.

Biogas : Salah Satu Energi AlternatifNarasumber dalam pelatihan ini adalah Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono, ST, MT dan Arif Nurmawan dari Yayasan Kanopi Indonesia yang bergerak di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan beralamat di Sleman, Yogyakarta. Pelatihan diikuti oleh 25 orang peternak setempat.

Pelatihan kali ini peserta dibekali materi dan praktek secara langsung. Hari pertama adalah materi teori pembuatan dan pemanfaatan biogas. Sedangkan hari kedua dilaksanakan praktek.

Dalam pelatihan ini para peserta berantusisas untuk mengikuti serangkaian acara. Diharapkan peserta dapat mengaplikasikan setelan di beri pelatihan tersebut.