Bimbingan Teknis Penangkar Bibit Siwalan

Bimbingan Teknis Penangkar Bibit Siwalan Bimbingan Teknis Penangkar Bibit Siwalan Bimbingan Teknis Penangkar Bibit Siwalan

SEMARANG – Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menjamin ketersediaan bibit bermutu dari varietas unggul (siwalan) serta untuk mempertahankan Sumber Daya Genetik (SDG) lokal melalui pengembangan penangkaran bibit. Untuk mencapai hasil yang optimal para petani siwalan yang sudah dibina, tetap dilakukan pembinaan secara berkesinambungan. Kegiatan Bintek Pengangkar Bibit Siwalan dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 25 – 26 Juni 2019 di rumah salah satu warga Kecamatan Genuk yang memiliki kebun siwalan. Dengan rincian pada hari pertama akan dijelaskan mengenai materi tentang budidaya siwalan dan hari kedua akan dilaksakan praktek penanaman bibit siwalan. Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta yang terdiri dari kelompok petani dari Kecamatan Genuk dan penyuluh swadaya di Kota Semarang.

Pelaksanaan Bintek Penangkar Bibit Siwalan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk Mengembalikan citra Kota Semarang sebagai penghasil buah Siwalan lokal yang perlu dilestarikan. Mengembangkan dan memperbanyak bibitBimbingan Teknis Penangkar Bibit Siwalan Siwalan lokal sebagai varietas lokal yang dapat meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Adapun Materi kegiatan KEGIATAN BINTEK PENANGKAR BIBIT HORTIKULTURA (SIWALAN) : Pengenalan pembibitan Siwalan, Pemeliharaan tanaman siwalan, Peningkatan produksi bibit siwalan.  Narasumber Bintek Penangkar Bibit Siwalan pada hari pertama dan kedua dari BPTP Provinsi Jawa Tengah tepatnya dari Kota Sragen sebagai salah satu daerah penghasil siwalan.