Bimbingan Teknis Budidaya Padi Organik

Bimbingan Teknis Budidaya Padi Organik

Dalam rangka pengembangan pertanian yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan petani, Dinas Pertanian Kota Semarang mengadakan kegiatan bimbingan teknis budidaya padi organik.

Untuk mendukung keberhasilan kegiatan tersebut, dilakukan selama empat hari dan terbagi menjadi dua gelombang serta di ikuti oleh 40 orang petani. Gelombang pertama 21 – 22 Februari 2018, diikuti 20 orang petani Kecamatan Mijen, Ngaliyan dan Gunungpati. Gelombang dua 26 – 27 Februari 2018, 20 orang petani Kecamatan Tembalang, Genuk dan Pedurungan.

Kegiatan dilakukan dengan penyampaian materi dan praktik secara langsung. Teori disampaikan di BPP Mijen Dinas Pertanian Kota Semarang, sedangkan praktik di laksanakan di sekretariat Konsultanik Kelurahan Purwosari.

Dalam kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan tim konsultanik.

Materi yang di sampaikan hari pertama bimtek budidaya padi organik adalah “Budidaya dan Keunggulan Padi Organik metode SRI (System of Rice Intensification) dan Metode Jajar Legowo”. Sedangkan materi hari kedua yaitu praktik lapangan membuat POC (pupuk organic cair) pestisida Nabati, PGPR, Jamu bumi dan teknis pembenihan padi organik.